Business Requirement Documents (BRD) beserta contohnya

 Business Requirement Documents (BRD)

Definisi, Manfaat, Ruang Lingkup dan Elemen BRD

Definisi:

Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.

Manfaat:

 • Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.

 • Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek

. • Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.

 • Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan

Ruang Lingkup BRD: 

• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis? 

• Apa saja batasannya?

 • Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?  

Penanggung Jawab BRD

 • Tim inti proyek

. • Setiap atau semua mitra bisnis

. • Pemilik proses atau perwakilannya.

 • Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia 

Elemen BRD:

 • Deskripsi Proyek 

• Lingkup Proyek

 • Kebutuhan Fungsional

 • Kebutuhan Non Fungsional

 • Biaya 

• Tim

 • Penjadwalan 


Contoh:

Business Requirement Document

 





 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                          PROYEK SISTEM PERPUSTAKAAN

 

DIBUAT OLEH: Ahmad Wicaksono

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

 

2022/2023





      PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Ahmad Wicaksono

Project Manager

 

14 Sep 2022

 

Direview Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Khamarudin Syarif

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Khamarudin Syarif

 

 

 



1         Deskripsi Proyek

Proyek Sistem Perpustakaan ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mendata siswa yang meminjam buku di perpustakaan Politeknik Bhakti Semesta tahun ajaran 2022/2023. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan kampus terutama bagian      Tata Usaha dalam mengelola data siswa. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi  web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

 

 

 

2         Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur

Aplikasi.    Untuk desain layout terdiri dari:

a)       Tampilan login

b)      Tampilan dashboard dan menu

           Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a)       Fitur login

b)      Registrasi user

c)       Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data siswa

 

 

3         Kebutuhan Fungsional

3.1        Spesifikasi kebutuhan

 

Proyek Data Siswa ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau bagian TU sekolah dapat mengakses dan mengelola data siswa secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

               a.       Manajemen user login

               b.       Manajemen data siswa


3.2        Use Case Diagram





Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Sistem Perpustakaan yang penjelasannya sebagai berikut:

                   a.    Use case ini terdiri dari 2 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem 

b.  User 1/petugas perpustakaan, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data mahasiswa/i mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data siswa, serta status peminjaman buku perpustakaan. Sedangkan user 2/mahasiswa, hanya dapat mengakses ketika melakukan register dan melakukan peminjaman buku. 

c. Register, untuk mahasiswa jika belum memiliki akun, bisa melakukan register terlebih dahulu untuk membuat akun. 

d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.

 e. Login, setelah mendapatkan akun, mahasiswa harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur peminjaman buku.

 f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.

 g. Detail buku yang dipinjam minimal berisi judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, serta tahun terbit.

 

 

 

 

 

 

 

3.3        Entity Relationship Diagram (ERD)







 

Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

 1. Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, alamat 

 2. Mahasiswa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku, progdi, nama_anggota 

 3. Saat meminjam harus mencantumkan tgl_pinjaman, kode_piminjaman, tgl_pengembalian, no_buku,judul_buku, nomor_anggota,

4. Buku juga terdapat data berupa judul buku, penerbit, pengarang, tahun terbit, no_buku

5. Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.

 

4         Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a)       Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b)      Tampilan user friendly dan responsif

c)       Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d)      Mudah digunakan

e)       Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

 

 

5         Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document                 : Rp.    200.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                                 : Rp.    300.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa                                                 : Rp.    500.000

·         Testing dan Deployment Aplikasi                                                     : Rp.    300.000 Total : Rp. 1.300.000

 

 

6         Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·         Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·         Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·         Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·         Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi


·         Nama siswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server

 

 

7         Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 


Komentar