Business Requirement Documents (BRD) beserta contohnya
Business Requirement Documents (BRD)
Definisi, Manfaat, Ruang Lingkup dan Elemen BRD
Definisi:
Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.
Manfaat:
• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek
. • Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.
• Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan
Ruang Lingkup BRD:
• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis?
• Apa saja batasannya?
• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?
Penanggung Jawab BRD
• Tim inti proyek
. • Setiap atau semua mitra bisnis
. • Pemilik proses atau perwakilannya.
• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
Elemen BRD:
• Deskripsi Proyek
• Lingkup Proyek
• Kebutuhan Fungsional
• Kebutuhan Non Fungsional
• Biaya
• Tim
• Penjadwalan
Contoh:
Business Requirement Document
PROYEK SISTEM PERPUSTAKAAN
DIBUAT OLEH: Ahmad Wicaksono
POLITEKNIK BHAKTI
SEMESTA
2022/2023
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Ahmad Wicaksono |
Project Manager |
|
14 Sep
2022 |
Direview Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Khamarudin
Syarif |
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Khamarudin
Syarif |
|
|
|
Daftar Isi
1
Deskripsi Proyek
Proyek Sistem
Perpustakaan
ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mendata siswa yang meminjam
buku di perpustakaan Politeknik Bhakti Semesta tahun ajaran 2022/2023. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan
memudahkan kampus
terutama bagian Tata Usaha dalam mengelola data siswa.
Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan
bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database
MySQL.
2
Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur
Aplikasi.
Untuk desain layout
terdiri dari:
a)
Tampilan login
b)
Tampilan
dashboard dan menu
Sedangkan untuk fitur aplikasi
terdiri dari:
a)
Fitur login
b)
Registrasi user
c) Fitur Create Read Update Delete
(CRUD) data siswa
3
Kebutuhan Fungsional
3.1
Spesifikasi kebutuhan
Proyek Data Siswa ini menggunakan
teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop
(laptop) maupun browser
pada mobile (HP).
Admin atau bagian TU sekolah
dapat mengakses dan mengelola data siswa secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola
adalah
a.
Manajemen user login
b.
Manajemen data siswa
3.2
Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use
Case Diagram pada Proyek Sistem Perpustakaan yang penjelasannya sebagai
berikut:
a. Use case ini terdiri dari 2 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem
b. User 1/petugas perpustakaan, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data mahasiswa/i mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data siswa, serta status peminjaman buku perpustakaan. Sedangkan user 2/mahasiswa, hanya dapat mengakses ketika melakukan register dan melakukan peminjaman buku.
c. Register, untuk mahasiswa jika belum memiliki akun, bisa melakukan register terlebih dahulu untuk membuat akun.
d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
e. Login, setelah mendapatkan akun, mahasiswa harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur peminjaman buku.
f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.
g. Detail buku yang dipinjam minimal berisi judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, serta tahun terbit.
3.3
Entity Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD diatas menjelaskan
terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
1. Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, alamat
2. Mahasiswa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku, progdi, nama_anggota
3. Saat meminjam harus mencantumkan tgl_pinjaman, kode_piminjaman, tgl_pengembalian, no_buku,judul_buku, nomor_anggota,
4. Buku juga terdapat data berupa judul buku, penerbit, pengarang, tahun terbit, no_buku
5. Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.
4
Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a) Bisa digunakan pada berbagai
macam browser
b) Tampilan user friendly dan responsif
c) Keamanan yang terjamin dengan
enkripsi password
d) Mudah digunakan
e) Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)
5
Biaya
Untuk biaya terdiri
dari beberapa komponen
·
Analisa dan Pembuatan Business
Requirement Document : Rp. 200.000
·
Pembuatan Desain
dan Layout Web : Rp. 300.000
·
Pembuatan Modul Login dan Siswa : Rp. 500.000
·
Testing dan
Deployment Aplikasi : Rp. 300.000 Total : Rp. 1.300.000
6
Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai
berikut:
·
Nama
siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat
Business Requirement Document
·
Nama
siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
·
Nama
siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
·
Nama siswa 4 sebagai
Tester yang bertugas
melakukan testing/pengujian terhadap
aplikasi
·
Nama siswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment
aplikasi ke server
7
Penjadwalan
Proyek Data Siswa ini di perkirakan
membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen |
Pekan 1 |
Pekan 2 |
Pekan 3 |
Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Desain & Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing & Deployment |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar